Berita

Jadikan Priok Sebagai Penguasa Tunggal Pelabuhan

Oleh Alfian Risfil pada hari Senin, 31 Agu 2015 - 00:41:09 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

17fuad bawazier.jpg

Fuad Bawazier (Sumber foto : Eko Hilman)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Pemerintah disarankan meniru Pelabuhan Dubai di Uni Emirat Arab atau SIngpura yang membuat otoritas pelabuhan menjadi penguasa tunggal.

"Pelabuhan Dubai di Uni Emirat Arab saat ini menjadi salah satu pelabuhan terbaik dunia. Bahkan, Amerika juga mengakui keunggulan pelabuhan tersebut," kata mantan Menteri Keuangan (Menkeu) sekaligus mantan Dirjen Bea Cukai, Fuad Bawazier, Minggu (30/8/2015).

Pelabuhan di Dubai memiiki satu otoritas yang besar untuk mengatur arus keluar masuknya barang dengan sistem canggih dan efisien. "Port authority terbagus itu Dubai. Amerika saja studi bandingnya ke sana," kata Fuad lagi

Bisa juga studi banding ke Singapura. Antara Dubai dan Singapura merupakan pelabuhan yang memiliki sistem canggih dan efisien.

"Jadikan saja port authority of Tanjung Priok seperti Dubai dan Singapura. Pangkas kepentingan sektoral," jelas Fuad.

Dikatakan Fuad, kasus dwelling time (waktu bongkar muat) yang membelit pelabuhan Tanjung Priok terlalu melibatkan banyak pihak. Misalkan saja adanya sejumlah kementerian terkait dalam pengurusan izin, Ditjen Bea dan Cukai, serta otoritas pelabuhan.(ss)

tag: #penguasa pelabuhan  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement