Berita

Pansel Loloskan Capim KPK Berekening Gendut

Oleh Bara Ilyasa pada hari Jumat, 21 Agu 2015 - 16:19:24 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

31anggota pansel KPK.jpg

Anggota Pansel KPK (Sumber foto : Eko Hilman)

JAKARTA (TEROPONSENAYAN) - Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membeberkan alasan meloloskan calon pimpinan KPK yang memiliki transaksi rekening mencurigakan berdasarkan laporan dari Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK).

Menurut Juru Bicara Pansel Capim KPK, Betti S. Alisjahbana pihaknya harus melakukan verifikasi dahulu kepada calon pimpinan KPK yang memiliki rekening mencurigakan. Karena tidak selamanya melanggar hukum.

"Misalnya saja ada transfer dari sebuah perguruan tinggi di luar negeri. Ini bisa saja merupakan dana riset atau yang sejenisnya. Jadi kami memutuskan untuk melakukan verifikasi dulu," ujar Betti saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (21/8/2015).

Perihal nama-nama yang memiliki transaksi rekening mencurigakan Betti tidak mau mengungkapkan. Ia juga menyanyangkan sikap PPATK yang telah berbicara di media soal transaksi mencurigakan calon pimpinan KPK itu.

"Saya itu gak boleh komentar sebenarnya. Itu laporan PPATK dikirimnya gak ke kita tapi ke Setneg ke Presiden, karena informasi rahasia. PPATK bilang informasi rahasia, tapi kenapa bilang ke media. Saya kan jadi serba salah," tukasnya.

Seperti diketahui, Pansel Capim KPK telah meluluskan 19 nama dari 48 pada tahap seleksi ketiga. Setelah lolos, 19 nama tersebut akan mengikuti seleksi tahap keempat untuk menjalani tes wawancara dan kesehatan sebelum diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.(ss)

tag: #pansel kpk   #rekening gendut  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement