Jakarta

Wow, Pemprov DKI Kini Miliki Hotel Bintang 4

Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 19 Agu 2015 - 15:17:54 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

62Hotel_Veranda.jpg

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) meresmikan Hotel Veranda @Pakubuwono, di Jalan Kyai Maja No. 63, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Hotel ini adalah hotel pertama yang dimiliki DKI melalui mekanisme BTO (build, transfer, operate).

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) melakukan kerjasama dengan pihak swasta menggunakan sistem BOT (build, operate, transfer). Sistem ini ternyata menyebabkan Pemprov DKI kerap kehilangan aset.

"Kami enggak mau pakai mekanisme BOT lagi, di mana 20-30 tahun dikelola baru asetnya dikasih ke kami. Kami mau begitu bangun hotel atau apartemen di atas tanah kami, langsung jadi kepemilikan kami dan baru Anda operasikan 30 tahun," kata Ahok saat meresmikan Hotel Veranda @Pakubuwono, Jakarta Selatan, Rabu (19/8/2015).

Ahok melanjutkan, keunggulan dari BTO dibandingkan BOT yaitu jika ada suatu permasalahan ditengah jalan, maka tidak perlu ribut.

"Kalau Anda macet tengah jalan, langsung punya kita. Kalau BOT, di tengah jalan berantem tidak jelas, barangnya masih punya dia. Capek kita. Makanya kita engga mau lagi BOT, kita mau BTO," tukasnya.

Keuntungan lain yang akan diperoleh Pemprov DKI dengan sistem ini di antaranya adalah kompensasi kerja sama selama masa pembangunan dan pengelolaan serta transfer of knowledge dalam pengelolaan hotel yang lebih efektif dan efisien.

Hotel Veranda @Pakubowono sendiri diresmikan atas kerja sama BUMD DKI PD Pembangunan Sarana Jaya yang bekerjasama dengan PT Graha Pakubowono Kusuma (Group Pulau Intan) dan Breezbay Japan. Hotel itu berdiri di atas lahan seluas 6.029 meter persegi. Melalui kerjasama BTO, pihak Pembangunan Sarana Jaya berhak atas bangunan hotel sejak pondasi didirikan. (mnx/b2)

tag: #Jakarta   #Ahok   #Ahok resmikan hotel bintang 4. pemprov dki miliki hotel bintang 4  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement