Opini

Kabinet Bertabur Kapten dan Play Maker

Oleh Haris Rusly (Aktivis Petisi 28) pada hari Kamis, 13 Agu 2015 - 21:03:07 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

62medium_93Haris Rusly-indra.jpg

Haris Rusly, Aktivis Petisi 28 (Sumber foto : Eko S Hilman/TeropongSenayan)

Rizal Ramli Minta Jokowi Batalkan Pembelian Pesawat Buat Garuda (http://teropongsenayan.com/15315-rizal-ramli-minta-jokowi-batalkan-pembelian-pesawat-buat-garuda)

Menteri Rini Larang Pihak Lain Intervensi Garuda, Termasuk Menko Kemaritiman (- Kompas.com - http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/08/13/172831226/Menteri.Rini.Larang.Pihak.Lain.Intervensi.Garuda.Termasuk.Menko.Kemaritiman)

Berita tentang benturan pandangan dan kepentingan antara Meneg BUMN Rini dengan Menko Maritim Rizal di atas adalah realitas yang akan mewarnai Kabinet Presiden Joko Widodo ke depan. 

Kabinet hasil resufle tersebut ibarat tim sepakbola yang didominasi oleh pemain yang bermental  kapten dan berkarakter play maker, yaitu mereka yang merasa dirinya adalah orang hebat sekelas Maradona di dunia sepak bola.

Bayangkan saja, jika sebuah tim sepakbola dipenuhi oleh para pemain yang merasa dirinya seorang kapten, pasti tak terbangun tim yang solid. Karena tak ada kesatuan visi dan misi, pasti akan terjadi situasi saling "sliding" dan saling jegal.

Di dalam kabinet Presiden Joko Widodo, ada sejumlah pemain yang menempatkan dirinya sebagai kapten dan play maker. Diantara mereka adalah Wapres JK, Luhut Panjaitan, Rizal Ramli, Darmin Nasution dan Sutiyoso.

Mental kapten dan play maker biasanya cenderung sangat mendominasi dan mengatur permainan. Bahkan sulit menerima kepemimpinan dari sang manager. 

Tentu situasi tersebut makin menambah kerumitan yang terjadi sebelumnya, di mana terlalu banyak manager di luar lapangan yang ikut mengobok-obok arah permainan yang sedang berlangsung. 

Sebagaimana diketahui, di pinggir lapangan berdiri sejumlah manager, seperti Megawati,  Surya Paloh, dan sejumlah manager yang tak kelihatan lainnya.

Dalam keadaan tersebut, pertanyaannya bagaimana nasib  Paduka Yang Mulia Presiden Joko Widodo? Kemungkinan besar akan terjepit dan kehabisan napas di tengah pertarungan. 

Bukan tidak mungkin arah gerakan dari Kabinet hasil reshufle ini bisa saja menuju pada ledakan hard explosive. Ledakan menggelegar di dalam tubuh Kabinet pimpinan PYM Joko Widodo sendiri.(*)

 

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #jokowi   #harris   #kabinet  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement