Berita

Nasiruddin, Sang Mafia Pengatur Skor Sepakbola

Oleh Aris Eko pada hari Kamis, 23 Jul 2015 - 09:04:05 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

47Screenshot_2015-07-23-08-49-58_1437616322367.jpg

Para Pengatur Skor Sepakbola Sea Games 2015 Saat Digelandang Penegak Hukum Singapura (Sumber foto : asiaone)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Mafia pengatur skor sepakbola itu akhirnya kena batunya di Singapura. Meski, ini bukan pertama kali dialami Nasiruddin (52). Sebab tahun 1998, dia juga pernah beraksi serupa di Indonesia.

Kasus itu juga menyeret nama Djafar Umar yang saat itu menjabat sebagai wakil ketua Komisi Wasit PSSI pada 1998. Dia terbukti menerima suap dan dilarang aktif di sepakbola selama 20 tahun.

Nasiruddin sendiri dilarang 10 tahun berkecimpung dalam sepakbola di tanah air. Belakangan berkat kelicinannya Nasiruddin bisa aktif lagi dalam sepakbola dengan menjadi wasit pada unifikasi PSSI tahun 2013.

Juru Bicara PSSI, Tomy Welly (Towel) mengaku senang dengan tertangkapnya Nasiruddin di Singapura. Menurut dia, tindakan Biro Investigasi Praktik Korupsi Singapura (CPIB) membongkar kasus pengaturan skor oleh Nasiruddin perlu didukung.

"Penegak hukum Singapura dengan tegas langsung menindak, mengeksekusi, dan menjatuhkan hukuman bagi oknum pelaku pengaturan skor tanpa berlama-lama membiarkan hal itu menjadi isu di masyarakat," ujar Towel.

Kasus yang menjerat Nasiruddin terjadi saat pertandingan babak penyisihan SEA Games 2015 di Singapura antara Malaysia dengan negara Timor Timur, pada 30 Mei lalu. 

Nasiruddin bersekongkol dengan dua orang lain menyuap Direktur Teknik Tim Timor Timur, Orlando Marques Henriques Mendes, agar tim negara itu kalah dari Malaysia babak penyisihan SEA Games 2015 di Singapura 30 Mei lalu. 

Imbalannya 11.000 Dollar AS dan Malaysia jadi menang 1-0. "Singapura tidak memberi toleransi pada korupsi, dan pengaturan skor dalam bentuk apa pun tidak akan dimaafkan," demikian pernyataan CPIB.

Pada sidang di pengadilan Singapura, Hakim menjatuhkan hukuman 30 bulan kepada Nasiruddin. Saat dihadapan Hakim itulah mantan wasit ini mengiba agar dihukum ringan dan mengakui kesalahannya.(ris/dbs)

 

tag: #nasiruddin   #match fixing   #sea games  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement