Opini

Pola Buka Tutup Urai Kemacetan Mudik

Oleh Niken Retnani, wirausaha pada hari Selasa, 21 Jul 2015 - 14:58:36 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

13Niken Retnani.jpg

Niken Retnani, wirausaha (Sumber foto : istimewa)

Bukan hal yang mengejutkan jika perjalanan mudik Lebaran selalu diwarnai kemacetan di sepanjang jalur mudik. Ditambah jalan tol baru, Cipali, sekalipun, kemacetan tetap saja mewarnai hari-hari sebelum hingga sesudah Lebaran.

Untuk mengurai kemacetan satu arah, yaitu dari kawasan asal pemudik, yaitu Jabodetabek maupun kota besar lainnya, polisi di kawasan Bandung hingga Garut sudah punya cara jitu. Yaitu diberlakukannya pola buka tutup jalur.

Contoh, diterapkannya buka tutup jalur mudik selatan, dari  Nagrek arah Garut hingga Leles, mampu mengurai kemaetan panjang dari Nagrek hingga Tasikmalaya bahkan Ciamis.

Sebetulnya, dari Bandung, polisi bisa saja mengarahkan jalur mudik selatan dari Bandung ke Garut lewat Cijapati. Jadi tak perlu berjam-jam menderita macet di Cicalengka-Nagrek. Jika pola buka tutup jalur itu diberlakukan untuk jalur utara maupun jalur balik, diyakini, kemacetan tidak akan parah.  (b)

TeropongRakyat didedikasikan bagi para tokoh dan warga masyarakat untuk menorehkan opini, ide, dan gagasannya tentang masalah kemasyarakatan, berbangsa, dan bernegara. Seluruh tulisan menjadi tanggung jawab penulis.

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #kemacetan mudik Lebaran  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement