Berita

Pakar: Punya Akses Uang dan Kekuasaan Calon Petahana di Pilkada Harus Diawasi

Oleh Bara Ilyasa pada hari Sabtu, 11 Jul 2015 - 12:21:33 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

91irman putra sidin.jpg

Irman Putra Sidin (Sumber foto : Eko Hilman)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pakar Hukum Tata Negara Irman Putra Sidin mengatakan peran partai politik dalam kepemimpinan nasional sangat penting.

"Ini penting karena parpol merupakan tulang punggung kepempinann politik," ujar Irman Putra Sidin saat diskusi dengan tema Petahana, Petaka Demokrasi, Jakarta, Sabtu (11/7/2015).

Pernyataan Irman ini terkait dengan putusan MK yang memperbolehkan petahana dapat ikut maju dalam pilkada kembali karena pertimbangan UU yang dianggap diskriminatif.

Karena itu, kata Irman, partai politik harus benar-benar menyeleksi calon kepala daerah yang akan diusung. Meski, calon tersebut dari petahana atau bukan yang terpenting mempunyai integeritas dan kapabilitas yang tinggi.

Selain itu juga, lanjutnya, pengawasan terhadap petahana merupakan hal yang penting. Karena, mempunyai akses kekuasaan dan keuangan di daerah masing-masing.

"Agar tidak menyalahkan kekuasaannya, esensi yang penting adalah pengawasan, petahana memiliki akses keuangan, kekuasaan," jelasnya.(ss)

tag: #calon petahana  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement