Berita

DPR Minta Pemerintah Keluarkan Keppres Soal Bencana Sinabung

Oleh Bara Ilyasa pada hari Selasa, 07 Jul 2015 - 15:38:28 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

14unnamed.jpg

Setya Novanto (Sumber foto : Indra Kusuma/ TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - DPR meminta kepada pemerintah pusat untuk mengambil alih penanganan bencana erupsi gunung Sinabung, dengan segera menerbitkan keputusan presiden (Keppres).

"Pimpinan DPR mendorong agar penanganannya dipimpin oleh pemerintah pusat. Untuk itu diperlukan Keputusan Presiden tentang Tim Koordinasi Penanganan Bencana Sinabung. Tim ini kami usulkan untuk dipimpin oleh seorang menteri koordinator," kata Ketua DPR Setya Novanto dalam rapat Paripurna penutupan masa sidang ke-IV DPR RI di gedung Nusantara II, Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Sementara, lanjut Novanto, untuk tataran operasional dapat dikoordinasikan oleh gubernur, bupati serta pejabat daerah setempat.

Tidak hanya itu, politisi Partai Golkar tersebut juga menyarankan ada mekanisme pengumpulan dan penyaluran bantuan bagi masyarakat yang terkena bencana.

"Kami usulkan agar dibuat mekanisme pengumpulan dan penyaluran sumbangan dari Anggota DPR melalui pemotongan gaji untuk beberapa bencana yang terjadi, seperti bencana Merapi, Sinabung, longsor di Banjarnegara, dan lain-lain," tegasnya.

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, diperkirakan bakal mengalami erupsi hingga lima tahun ke depan. Hal itu dikatakan Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

Sutopo mengatakan, kini pemerintah tengah menyiapkan relokasi hunian permanen yang aman bagi korban bencana gunung sinabung.(yn)

tag: #dpr   #bencana sinabung   #keppres sinabung  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement