Zoom

Awas Lho, DPR Bisa Beri Rekomendasi ke Jokowi untuk Copot Menteri Doyan Mangkir

Oleh Mandra Pradipta pada hari Jumat, 03 Jul 2015 - 11:21:43 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

47gedung-dpr-indra.jpg

Gedung DPR (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dewan Perwakilan Rakyat bisa memberikan rekomendasi terhadap Presiden Joko Widodo untuk mengganti seorang menteri. Hal itu diungkapkan Sekretaris Fraksi Demokrat DPR, Didik Mukrianto menyikapi seringnya menteri Jokowi mangkir dari Rapat Kerja maupun panggilan DPR.

Menurut Didik, rekomendasi DPR bisa diusulkan atas kinerja menteri yang suka mangkir pada rapat kerja dengan DPR. Sebab DPR memiliki fungsi legislasi, budgeting, dan pengawasan terkait program pembangunan yang dilakukan pemerintah.

Oleh karenanya, program-program pemerintah sudah seharusnya dikomunikasikan ke DPR untuk mendapatkan hasil yang baik.

"Bila ada hal-hal yang tidak dijalankan maka ini menjadi bahan evaluasi kita kepada Presiden. Karena yang kita bahas untuk kepentingan rakyat," kata Didik kepada TeropongSenayan di gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Seperti diketahui, ada dua menteri yang paling sering mangkir. Keduanya adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Imam Nahrawi bahkan tidak hanya mangkir, namun berani 'mengabaikan' rekomendasi Komisi X DPR RI sebagai mitra kerjanya. Komisi X yang pernah meminta Menpora untuk segera melakukan pertemuan dengan PSSI, tak kunjung dilakukan, meskipun sepakbola Indonesia sudah disanksi oleh FIFA.

tag: #menteri mangkir dari panggilan DPR   #menteri jokowi   #jokowi   #kabinet kerja   #reshuffle kabinet  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement