Jakarta

Program Open Data Jakarta Bagian dari Upaya Transparansi Kepada Publik

Oleh Alfian Risfil pada hari Selasa, 30 Jun 2015 - 23:24:59 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

99open-data-ue.jpg

Open Data (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Kominfomasi Harry Sanjaya berharap keberadaan program open data di Jakarta dapat memudahkan masyarakat untuk mencari data-data yang diperlukan.

"Ini sebagai bagian dari transparansi dengan tujuan menumbuhkan kepercayaan masyarakat. Jadi masyarakat bisa ikut berpartisipasi menggunakan data yang tersedia," kata Harry, Selasa (30/6/2015).

Sementara itu, semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mendapat instruksi wajib menginput data untuk menunjang program keterbukaan ini.

"Data tersebut, nantinya akan diverifikasi terlebih dahulu oleh tim verifikasi dan validasi yang ditetapkan dengan SK gubernur sebelum masuk ke portal. Setelah itu baru disebarluaskan ke publik," ujar Harry.‎

Menurut Harry, peluncuran open data yang dilakukan oleh Pemprov DKI merupakan bagian tak terpisahkan dari program nasional, yaitu open government. Ia menyebut DKI Jakarta menjadi provinsi pertama yang memiliki portal open data. Sedangkan di tingkat kota ditempati oleh Banda Aceh. (mnx)

tag: #Jakarta   #Ahok   #open data   #transparansi publik  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement