Berita

Komisi I: TNI Jangan Beli Alutsista Bekas Lagi

Oleh Bara Ilyasa pada hari Selasa, 30 Jun 2015 - 15:23:44 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

40tb hasanudin.JPG

TB Hasanuddin (Sumber foto : Indra Kusuma)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin meminta agar pemerintah tidak lagi membeli alat utama sistem persenjataan (alustita) bekas.

TB Hasanuddin mengemukakan hal itu setelah mendengar jatuhnya pesawat Hercules di Jl Djamin Ginting, Medan, Sumatera Utara.

Menurut TB pesawat diproduksi tahun 1954 dan diterima di Indonesia tahun 1958 dari Lockheed Martin di Fort Worth, Texas, Amerika Serikat‎ sudah terlalu tua.  Apalagi sudah beberapa kali berganti mesin di Singapura.

"Ini menunjukan bahwa alat angkut pesawat terbang TNI AU  harus segera di renovasi. Jangan lagi beli hibah, Tetapi harus membeli yang baru walaupun sedikit jadi ada nilai tambahnya," ujar TB Hasanuddin di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Politisi dari PDI-Perjuangan ini menambahkan, idealnya alustita berumur 20 tahun. Kenyataannya alustita di Indonesia sudah banyak yang tua sehingga harus segera di revitalisasi.

Diakui, pergantian alustita harus melihat keadaan keuangan negara karena anggaran pertahanan sekarang sekitar Rp96-100 Triliun. Sementara, Presiden Joko Widodo berkomitmen menaikan anggaran pertahanan sekitar Rp150-300 Triliun.

Artinya, memang keuangan memungkinkan anggarannya Rp 150-300 triliun. Nanti akan di fokuskan alustita TNI AL, karana ancaman itu skarang berada disana.

"Masalah ambalat, masalah laut tiongkok selatan kemudian wilayah pasifik dllnya. Didukung AU, baru kita perkuat wilayah-wilayah perbatasan negara lain itu diperkuat melakui kodam-kodam TNI AD," jelasnya.(ss)

tag: #Alutsista   #bekas  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement