Berita

Kader PKB Demo PBNU, Tuntut Muktamar NU Luar Biasa

Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 03 Agu 2024 - 13:23:51 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1722666231.jpg

Aksi demo di NU (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kelompok massa yang mengatasnamakan Aliansi Santri Gus Dur Jum’at siang (2/8) mendemo kantor PBNU, unjuk rasa ini dipimpin Muhamad Solihin sebagaia koordiantor unjuk rasa. 

Hasil penelusuran Muhamad Solihin merupakan kader Partai Kebangkitan Bangsa dan Mantan Ketua DPC PKB Kabupaten Indramayu. 

Dalam tuntutannya, ia meminta agar PBNU melaksanakan Muktamar NU Luar Biasa. “Kami mendukung MLB, Gus Yahya harus diganti, termasuk Sekjen,” ujarnya di depan Gedung PBNU Jakarta.

Calon Bupati Indramayu tahun 2020 rekomendasi PKB tersebut menilai Gus Yahya tidak melakukan keadilan seperti saat pemecatan 5 kader NU yang ke Israel. 

“Sementara dia sendiri tidak dipecat, harusnya memberi keteladanan, ia mundur,” tambahnya. 

Menyinggung Gus Dur, yang merupakan salah satu tokoh NU yang pernah berkunjung ke Israel, ia mengatakan ini demi keadilan dan tidak memberikan keteladanan.

“Gus Dur sebagai bapak demokrasi, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Itu yang dilakukan oleh Gus Yahya,” tambahnya.

Sholihin juga meminta agar Gus Yahya kembali ke keumatan, seperti mendorong Pansus Haji. Ditanya soal menyinggung rumah tangga, Sholihin mengatakan bahwa Gus Yahya Offside.

“Katanya tidak peduli politik praktis. Tapi faktanya Gus Yahya memutuskan secara organisasi, artinya dia harus mundur,” tambahnya. 

Terakhir ia meminta Gus Yahya untuk kembali sebagai anak ideologis Gus Dur. “Tunjukkan. Jangan justru membangun manuver politik yang memecah belah umat dan rakyat,” pungkasnya.

tag: #nu  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement