Ragam

Aturan Jerman, Buku Elektronik Materi Dewasa Dijual Diatas Jam 10 Malam

Oleh Diyah Kusumawardhani pada hari Selasa, 23 Jun 2015 - 15:10:04 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

53kindle-uk.jpg

Ilustrasi Buku Elektronik (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Berdasarkan peraturan baru, orang-orang Jerman hanya dapat membeli buku elektronik (eBook) dengan label Dewasa antara pukul 10 malam sampai 6 pagi.

Sementara, media lain yang menampilkan materi sejenis telah lama dilarang muncul pada siang hari. Misalnya saja, buku fisik yang berisi kekerasan atau erotis akan disembunyikan di bawah meja toko buku. Sedangkan peraturan baru yang berlaku berarti eBook akan diperlakukan sama seperti film atau tayangan televisi, sehingga hanya dapat dijual pada malam hari.

Kebijakan jam 10 malam sampai jam 6 pagi ini awalnya dilembagakan pada 2002 dalam Jugendmedienschutz-Staatsvertrag atau undang-undang perlindungan pemuda terhadap media, yang dimaksudkan untuk membatasi film dewasa ditampilkan pada siang hari. Sementara, aturan tidak tertulis dari internet menunjukkan, produk yang dijual melaluinya dapat dibeli di semua waktu.

Perubahan ini telah menjadi bagian dari keluhan hukum dari sebuah eBook erotis asal Jerman, Schlauchgelüste, yang menurut blog The Digital Reader berisi tentang memoar seorang transgender.

Sementara, belum ada situs yang menjual materi Dewasa yang mengikuti peraturan tersebut. Sedangkan hukum akan memberikan sanksi denda hingga € 500.000 jika ditemukan toko buku maenjual materi tersebut tak pada waktunya. (The Independent/mnx)

tag: #kebijakan eBook di Jerman  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement