Opini

Waskat

Oleh Sys NS pada hari Senin, 22 Jun 2015 - 18:44:15 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

55tscom-kongkowmalam-sys.jpg

Kolom Kongkow Malam Bareng Sys NS (Sumber foto : Ilustrasi/TeropongSenayan)

Pengawasan Melekat (Waskat) menjadi momok bagi para penyelenggara negara era pak Harto. Namun sekaligus juga memberikan manfaat yang positif dalam manajemen pemerintahan dan kenegaraan.

Saya mengusulkan agar Presiden Jokowi menjalankan waskat ini kepada bawahannya. Sehingga arahan maupun kebijakan yang dilaksanakan pemerintah memiliki satu kesatuan sejak dari Presiden hingga para menter dan pembantu lainnya.

Jangan sampai ada kenaikan harga beras maupun cabe Presiden tidak tahu. Jangan sampai kebijakan yang dijalankan Menteri tidak sejalan. Sebaliknya, jangan sampai Menteri menjalankan kebijakan tidak diketahui Presiden.

Sejatinya waskat intinya adalah pengawasan atau supervisi atasan kepada bawahan secara efektif dan efisien. Tujuannya agar manajemen organisasi birokrasi pemerintahan terselenggara dengan baik memberikan layanan masyarakat.

Para atasan senantiasa mengawasi serta supervisi bagi anak buahnya. Sehingga akan bisa dideteksi atau diketahui secara dini jika ada penyimpangan ataupun kebijakan yang tidak bisa dilaksanakan dilapangan.

Sebaliknya anak buah-yang umumnya lebih yunior-mendapatkan supervisi maupun bimbingan dari para atasan. Ini membantu para yunior bisa menjalankan tugas dengan lebih baik karena mendapatkan arahan atau supervisi dari seniornya.

Tak salah meniru hal baik dari siapapun demi untuk kebaikan juga.(*)

 

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #kongkow malam   #bareng   #sys ns  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement