Opini

Sekolah Rumah Kedua Anak-Anak

Oleh Sys NS pada hari Kamis, 18 Jun 2015 - 18:46:16 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

39tscom-kongkowmalam-sys.jpg

Kolom Kongkow Malam Bareng Sys NS (Sumber foto : Ilustrasi/TeropongSenayan)

Ini masih soal pengasuhan anak-anak. Angeline biarlah menjadi pengalaman terakhir yang dialami anak seusianya. Janganlah lagi ada anak sesusia dia mengalami kisah keji yang memilukan siapapun.

Sebenarnya selain rumah, maka sekolah adalah rumah ke dua bagi anak-anak. Di sekolah mereka bukan hanya belajar ilmu pengetahuan namun juga hidup bersosialisasi dengan teman dan para guru serta masyarakat.  

Untuk itulah tugas guru sejatinya bukan hanya berkewajiban mengajarkan ilmu pengetahuan saja namun juga sekaligus sebagai pengganti orang tua. Anak-anak juga membutuhkan pelajaran budi pekerti, etika, bergaul, agama dsbnya.

Anak-anak adalah sosok yang sedang dalam usai pertumbuhan. Bukan hanya pertumbuhan fisik namun juga psikis. Oleh sebab itu inilah saat yang paling tepat menanamkan nilai-nilai itu.

Sudah saatnya Menteri Anies Baswedan mengingatkan kepada para guru agar peduli dan tidak cuek terhadap semua anak didiknya. Jika ada keanehan sekecil apapun terhadap murid guru harus sensitif dan ikut bertanggung jawab.

Rasanya inilah yang dalam beberapa tahun belakangan ini hilang dari sekolah. Gelombang kebebasan ikut menggulung pelajaran budi pekerti, gotong royong, saling menghargai maupun etika. Saatnya semua itu dikembalikan ke sekolah.(*)

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #kongkow malam   #bareng   #sys ns  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement