Ragam

Tujuh Tradisi Unik Sambut Bulan Ramadhan di Indonesia

Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 16 Jun 2015 - 11:20:33 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

53Ramadhan.jpg

Ilustrasi buka puasa bersama (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Setiap tahunnya, umat Islam punya banyak cara unik menyambut bulan suci Ramadhan.

Berikut ini beberapa tradisi unik dalam rangka menyambut kedatangan bulan yang diagung-agungkan umat Islam tersebut.

1. Nyadran


Nyadran merupakan kegiatan ziarah kubur terhadap leluhur. Tradisi yang ada di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta itu diwariskan sejak zaman Wali Songo sebagai bentuk akulturasi Islam dengan budaya Jawa yang masih terpengaruh animisme.


2. Nyorog


Kegiatan mengantarkan bingkisan untuk orang-orang terdekat. Hal itu ada dalam tradisi Betawi.


3. Munggahan


Kegiatan berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk saling bermaaf-maafan sambil menikmati sajian khas Ramadhan. Tradisi itu biasa dilakukan masyarakat Jawa Barat, khususnya Suku Sunda.


4. Pacu Jalur


Masyarakat kabupaten Kuantan Singingi, Riau biasa melakukan Pacu Jalur ketika bulan Ramadhan akan tiba. Kegiatan tersebut berupa perlombaan dayung perahu.


5. Meugang


Tradisi Meugang yakni kegiatan menyembelih hewan ternak, dilaksanakan dua hari menjelang Ramadhan. Masakan olahannya disantap bersama keluarga. Tradisi itu dilakukan oleh masyarakat Aceh.


6. Apeman


Kegiatan memasak kue tradisional bernama apem. Kue yang terbuat dari tepung beras ini sebagai simbol permohonan maaf atas dosa yang pernah dilakukan. Tradisi ini ada di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.


7. Balimau


Warga Minang biasa melakukan Balimau ketika menyambut bulan suci Ramadhan. Balimau merupakan kegiatan mencuci rambut dengan limau, yang bermakna menyucikan diri menyambut Ramadhan.(yn)

tag: #ramadhan   #bulan puasa   #tradisi ramadhan  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement