Opini

Jika Bang Yos Memimpin Intelijen Negara

Oleh Sys NS pada hari Jumat, 12 Jun 2015 - 18:17:03 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

27tscom-kongkowmalam-sys.jpg

Kolom Kongkow Malam Bareng Sys NS (Sumber foto : Ilustrasi/TeropongSenayan)

Bukan hanya jago menembak, bang Yos (Sutiyoso) juga jago nyanyi. Beberapa kali saya bersama sejumlah teman diundang ngobrol santai sembari nyanyi. Fals sih tidak, yang penting suaranya keras dan bisa mengikuti alunan nada.

Begitulah bang Yos. Meski lebih 30 tahun bergelut dalam dunia militer namun tetap pribadi yang hangat. Meski tampak pelit senyum, kalau sudah ngobrol santai dan bernyanyi maka senyum dan raut muka bang Yos amat riang.

Saya menangkap bang Yos adalah pribadi yang memiliki sikap kuat memegang teguh prinsip yang sudah diyakini. Dia tidak gampang mundur atau menyerah atas sesuatu yang menjadi keputusan ataupun keyakinan. 

Hampir sebagian besar karirnya di dunia kemiliteran dihabiskan dalam intelijen. Sejak bertugas di Timor Timur hingga Aceh sebelum akhirnya memimpin teritori sampai menjadi Pangdam Jaya. Dunia intelijen bukan asing bagi bang Yos.

Menurut saya tak salah Presiden Jokowi memilih bang Yos memimpin BIN. Meski sudah tergolong sepuh, bang Yos fisiknya masih prima. Berkat kedisplinan yang tinggi selama dalam dunia kemeliteran.

Selain itu, tugas memimpin BIN lebih bersifat manajerial. Asal didukung oleh tim maupun staf yang mumpuni tak sulit bagi bang Yos menduduki kursi Kepala BIN. Bang Yos tinggal melanjutkan intuisi dan pengalamannya kepada timnya.

Memimpin BIN bang Yos harus netral. Pengabdiannya harus tegak lurus hanya untuk bangsa dan negara. Tak boleh mengabdi untuk kekuasaan meski dipilih oleh Presiden. Mata dan telinga intelijen hanya untuk keperluan negara.

Jadi bang Yos-jika benar-benar menjadi Kepala BIN-harus melepaskan jabatannya sebagai Ketua Umum partai politik. Bang Yos harus tak memiliki afiliasi politik maupun kepentingan. Hidupnya hanya untuk negara ini.(*)

 

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #kongkow malam   #bareng   #sys ns  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement