Ragam

Diabetes Bisa Memperparah Gejala Covid-19, Inilah Tips Aman Konsumsi Gula

Oleh Wiranto pada hari Kamis, 19 Agu 2021 - 22:30:57 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1629387057.jpeg

Teh manis (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Sesuatu yang berlebihan tak baik untuk tubuh dan ini juga berlaku untuk gula yang bila asupannya melebihi batas konsumsi maka bisa berdampak buruk pada tubuh mulai dari kulit menua hingga memperparah gejala pada pasien COVID-19. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar konsumsi gula Anda tak berlebihan. Inilah penjelasan Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia Cabang Banten, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK.

Pertama, Juwalita membolehkan Anda menambahkan gula ke dalam masakan, karena jumlah yang Anda masukkan biasanya tidak akan berlebihan.

Kedua, sebaiknya hindari produk-produk yang didalamnya terdapat gula tambahan. Misalnya, Anda ingin mengkonsumsi susu, maka waspadalah pada produk yang diberi flavored milk atau yogurt karena biasanya mengandung gula yang ditambahkan di luar laktosa.

Bila Anda ingin minuman manis, sebaiknya carilah minuman yang berasal dari gula alami seperti sayur, buah dan susu.

"Atau bila ingin cake, jangan sampai ada minuman manis lagi di hari yang sama," tutur Juwalita.

Anda bisa menjadikan jus buah dan sayur sebagai alternatif untuk bisa memenuhi kebutuhan mikronutrisi Anda. Tetapi ini tak berarti menggantikan konsumsi kedua makanan ini dalam kondisi segar.

Juwalita mengatakan, khusus untuk buah dan sayur, Anda bisa mengombinasikan keduanya untuk mendapatkan serat, vitamin, antioksidan.

tag: #gula-pasir  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement