Berita

Soal Pengganti Moeldoko

Harusnya Giliran KSAU, Tapi Terserah Presiden

Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 05 Jun 2015 - 22:09:26 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

98KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna-tni mil id.jpg

Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyematkan tanda pangkat bintang empat bagi Agus Supriatna yang dilantik menjadi Kepala Staf TNI AU pada 3 Februari 2015 lalu. (Sumber foto : www.tni.mil.id)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Siapa pengganti Jenderal TNI DR Moeldoko yang akan pensiun 1 Agustus 2015 mendatang? Jika sesuai dengan konvensi tak tertulis yang diberlakukan presiden, sekarang giliran TNI AU, karena Moeldoko dari unsur TNI AD. Dia menggantikan Laksamana TNI Agus Suhartono dari TNI AL sejak 30 Agustus 2013.

Menko Polhukham Tedjo Edhy Purdijatno membenarkan konvensi tak tertulis tersebut, yaitu kini saatnya giliran TNI AU. Namun, siapa yang akan diajukan ke DPR, terserah Presiden Joko Widodo yang akrab dipanggil Jokowi.

Tedjo menjelaskan, ada tiga calon yang bakal diajukan Mabes TNI ke Presiden, yaitu Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Agus Supriatna, Kepala Saf TNI AL (KSAL) Laksamana Ade Supandi, dan Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Gatot Nurmantyo.
"Kalau lihat kemampuan, tiga-tiganya sama saja," kata mantan KSAL ini saat berada di Istana Bogor, Jumat (5/6/2015).

Hal senada juga dilontarkan Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. "Saya kira itu hak prerogatif presiden. Terserah beliaulah. Mana yang diangkat dan mana yang diberhentikan," kata Zulkifli di komplek parlemen, Senayan, Jum'at.

Soal apakah konvensi itu akan dilanjutkan atau tidak, Zulkifli yang juga ketua MPR ini tak menampik. "Ya bisa saja. Tiap Presiden berbeda. Panglima menteri hak prerogatif beliau (Jokowi)," ungkapnya. (b)

tag: #pangliam TNi KSAU  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement