Opini

Mengapa Harus Hinca

Oleh Sys NS pada hari Kamis, 04 Jun 2015 - 18:29:14 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

78tscom-kongkowmalam-sys.jpg

Kolom Kongkow Malam Bareng Sys NS (Sumber foto : Ilustrasi/TeropongSenayan)

Akhirnya Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memilih Hinca Panjaitan sebagai Sekretaris Jenderal. Ini berarti bagi SBY, Hinca adalah sosok yang dinilai mampu dan cocok menjalankan tugas sebagai Sekjen PD.

Hinca secara aturan main memang sudah memeenuhi syarat menjadi Sekjen. Setidaknya dia sudah masuk dalam kepengurusan DPP PD selama satu periode. Jadi bukan ujug-ujug atau tiba-tiba. Dia kader yang merintis karir.

Memiliki latar belakang pendidikan doktor dalam bidang hukum, menjadi nilai lebih yang membuat SBY menjatuhkan pilihan sebagai orang penting dalam kepengurusan PD. Hinca juga dikenal memiliki jaringan yang luas.

Barangkali kalau itu menjadi kekurangan, maka Hinca memang belum dikenal sepak terjangnya dalan dunia politik di tanah air. Dia menjadi wajah baru. Belum banyak pihak yang mengenal dia sebagai politisi. Hinca lebih dikenal sebagai pengurus PSSI.

Kita memang tidak tahu persis alasan SBY memiliki Hinca. Bisa jadi untuk mengimbangi partai lain yang merekrut kalangan profesional sebagai Sekjen, seperti dilakukan oleh PAN. Namun bisa juga atas dasar agar ada darah segar dalam PD.

Saya sudah menduga bahwa SBY tidak akan memilih Edhy Baskoro Yudhoyono (Ibas) menjadi Sekjen. Sebab, akan ada penolakan maupun penilaian negatif jika Ibas menjadi Sekjen. SBY sudah mengujinya selama ini.

Pertanyaannya akan ditaruh dimana para kader PD yang bermunculan selama ini? Padahal tidak sedikit jumlahnya. Mereka selama ini sering tampak mengerubung SBY. Namun kalah dengan Hinca meraih hati SBY.

Pak SBY biasanya cukup piawai menempatkan kadernya.(*)

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #kongkow malam   #bareng   #sys ns  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement