Berita

Dua Pria Yang Melarikan Mantan Bos Nissan Ditangkap di AS

Oleh Aries Kelana pada hari Rabu, 20 Mei 2020 - 21:36:02 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1589985362.jpg

Carlos Ghosn (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pihak berwenang Amerika Serikat (AS) menangkap seorang mantan prajurit Pasukan Khusus AS dan seorang pria lain yang dicari oleh Jepang. Tuduhannya terlibat dalam pelarian mantan bos Nissan Motor Co Carlos Ghosn ke luar negeri.

Menurut rencana, ayah-anak ini dijadwalkan tampil dalam persidangan secara virtual yang digelar di pengadilan federal Massachusetts, AS.

Seperti dilansir reuters.com (20/5/2020), nama kedua orang itu adalah mantan Baret Hijau AS Michael Taylor dan putranya, Peter Taylor. Mereka menurut jaksa federal di Massachusetts, AS, membantu Ghosn melarikan diri ke Lebanon tahun lalu. Ghosn mangkir dari persidangan di Jepang. Tuduhannya, melakukan mismanajemen keuangan Nissan.

Selain dengan kedua orang tadi, Ghosn juga melarikan diri dengan bantuan George-Antoine Zayek, sehubungan dengan memfasilitasi pelarian 29 Desember 2019.

Ghosn melarikan diri ke Lebanon, rumah masa kecilnya, sementara ia menunggu persidangan atas tuduhan penghasilan yang tidak dilaporkan, pelanggaran kepercayaan dan penyalahgunaan dana perusahaan, yang semuanya ia bantah.

Dokumen hukum AS menceritakan rincian pelarian Ghosn termasuk kepergiannya dari Jepang yang disembunyikan di dalam kotak hitam besar di atas jet pribadi.

Selain pihak berwenang AS, seorang pengacara mengatakan jaksa Turki telah menyiapkan dakwaan yang menuntut tujuh orang, termasuk empat pilot dan dua pramugari, atas pelarian Ghosn melalui Istanbul ke Lebanon setelah melarikan diri dari Jepang.

tag: #jepang   #amerika-serikat  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement