Berita

DPR Dituduh Tak Berperan Atasi Corona, Aria Bima: Kami Sudah 20 Kali Rapat

Oleh Rihad pada hari Tuesday, 05 Mei 2020 - 22:30:00 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1588692153.jpg

Aria Bima (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Komisi VI DPR Aria Bima tidak terima ada orang yang menyatakan wakil rakyat mengabaikan persoalan masyarakat, termasuk menghadapi pandemi Covid-19. Kritik yang beredar di luar antara lain disuarakan oleh Najwa Shihab. 

Meski tidak langsung menjawab kritik Najwa Shihab, Aria menegaskan bahwa komisinya dengan berbagai mitra kerja sudah menggelar lebih 20 kali rapat membahas persoalan terkait Covid-19. 

"Rapat Covid-19 sudah digelar dua puluh kali sesuai perintah pimpinan DPR kepada seluruh jajaran AKD (alat kelengkapan dewan) untuk melakukan fungsi pengawasan berkaitan dengan virus corona, bagaimana mengatasi pasien yang terkena virus, maupun dampak penyebarannya," kata Aria dalam rapat paripurna Ke -14 DPR RI Masa Persidangan III Tahun Sidang 2019-2024, Selasa (5/5). 

Menurut dia, Komisi VI DPR sudah rapat dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan sebagainya. "DPR sudah bekerja. DPR sudah rapat dengan BUMN berkaitan energi, baik itu PLN, Pertamina, PGN, dalam situasi mengatasi dampak ringan, menengah, dan berat," Katanya. .

Selain itu, kata dia, juga bersama BUMN pangan membahas bagaimana ketersediaan dalam situasi saat ini terutama puasa dan Lebaran, termasuk melakukan pemetaan-pemetaan. DPR, lanjut dia, juga telah melaksanakan rapat dengan BUMN farmasi maupun kesehatan seperti Bio Farma, Kimia Farma, Phapros menjamin ketersediaan farmasi, keuangan, transportasi dan lainnya.

"Kami tidak diam begitu saja berkaitan dengan persoalan masyarakat yang ada," katanya.

Ia menegaskan pimpinan maupun AKD tiap hari rapat virtual. Bahkan ada pula melakukan kunjungan spesifik untuk meninjau harga kebutuhan pokok dan ketersediaan.

Kritik Najwa Shihab

Sebelumnya santet diberitakan, Najwa Shihab menyindir kinerja para anggota DPR di tengah pandemi virus corona. Ia  juga membuat surat terbuka untuk para anggota DPR RI. Najwa Shihab merasa apa yang dilakukan oleh sejumlah anggota DPR justru tak berkaitan dengan pandemi virus corona.

Najwa membandingkan kinerja anggota DPR RI dengan parlemen di negara lain.

"Kepada tuan dan puan para anggota DPR yang terhormat Apa kabar hari ini? Sepertinya tak sebaik biasanya? Sama, di sini pun begitu, kita semua memang sedang diuji," kata Najwa Shihab melalui medsos. 

Ia mengkritik anggota dewan tidak fokus melawan Corona. "Tuan dan puan anggota DPR yang terhormat, saya perhatikan parlemen-parlemen negara lain fokus melawan corona. Tapi rasa-rasanya isu-isu yang keluar dari Senayan belakangan kok kebanyakan tidak terkait corona ya?," sindir wanita yang akrab disapa Nana ini. 

Surat terbuka itu akhirnya menimbulkan  reaksi anggota DPR yang kecewa dengan kritik Najwa Shihab. 

tag: #dpr   #corona   #najwa-shihab  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement