Berita

Pemerintah Janji Ambil Alih Blok Mahakam dan Freeport

Oleh Yunan Nasution pada hari Selasa, 26 Mei 2015 - 06:52:11 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

20BlokMahakam.jpg

Blok Mahakam (Sumber foto : skkmigas.go.id)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyatakan, pemerintah bakal mengambil alih pengelolaan Blok Mahakam di Kalimantan Timur serta tambang emas di Papua yang saat ini dikuasai PT Freeport Indonesia.

"Presiden Joko Widodo menegaskan kembali bahwa pemerintah telah memutuskan pengelolaan Blok Mahakam akan diambilalih oleh pemerintah," kata Pratikno di Jakarta, Senin (25/5/2015).

Pratikno mengungkapkan saat ini Blok Mahakam masih dikelola oleh perusahaan migas asal Perancis, Total E&P Indonesie dan Inpex Corp hingga 2017.

"Sedangkan untuk Freeport, karena kontraknya baru habis tahun 2021, maka kementerian ESDM akan menjaga agar secara bertahap kepemilikan Indonesia semakin besar," kata dia.

Pemerintah, menurut dia, tengah melakukan terobosan pengelolaan sumber daya mineral melalui UU Mineral dan Batubara (Minerba) untuk mengatur hubungan antara negara dengan Freeport.

"Hubungan yang semula kontrak karya akan diubah menjadi izin usaha pertambangan sehingga posisi Indonesia sebagai negara lebih kuat," ujarnya.(yn/ant)

tag: #blok mahakam   #freeport   #migas  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement