Jakarta

Gerindra DKI: Anies Tidak Pernah Janji Tak Akan Menggusur

Oleh Jihan Nadia pada hari Selasa, 19 Nov 2019 - 11:00:53 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1574136053.jpg

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, M Taufik (tengah) (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Puluhan warga korban penggusuran di Jalan Sunter Agung Perkasa VIII, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, mengungkit janji kampanye Anies Baswedan sebelum jadi Gubernur DKI Jakarta.

Mereka menyebutkan bahwa ketika kampanye Anies berjanji untuk tidak melakukan penggusuran seperti pendahulunya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Menanggapi hal itu, Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik mengatakan, bahwa Anies tidak pernah berjanji tidak akan menggusur.

"Tidak ada, tidak ada janji penggusuran," ujar Taufik saat dikonfirmasi, Senin (18/11/2019) malam.

Anggota Fraksi Partai Gerindra ini menilai, jika memang permukiman yang digusur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena itu adalah tanah milik pemerintah, maka wajar jika digusur dan ditata.

"Setahu saya tidak ada, makanya tergantung lokasinya apa. Tanah siapa itu? Kalau tanah pemerintah ya diberesin," ujar Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta itu.

Ia menjelaskan, salah satu janji Anies ialah peremajaan kota dengan penataan kembali.

Dia pun mencontohkan Kampung Akuarium yang ditata, namun tidak dipindahkan. Bahkan, Anies pun memberikan rusun untuk merelokasi warga yang terdampak.

"Akuarium dibikin rusun kan di sana. Di tata lingkungannya, makanya ada shelter selama belum dibangun. Itu kan untuk diberesin," jelasnya.

Taufik pun mengklaim penataan yang dilakukan pihaknya di kawasan Sunter sudah sesuai prosedur yang berlaku. Mulai dari sosialisasi hingga rencana rekokasi kawasan setempat.

"Iya dong harus sesuai prosedur. Lagian kan ada rencana relokasi di rusunawa DP Rp 0," tuturnya.

Adapun penggusuran ini pernah disinggung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada saat debat calon gubernur.

Saat itu, Anies mengatakan bahwa persoalan penggusuran bukan hanya sekadar soal pemukiman, tapi juga soal manusia.

"Di situ ada aspek sosial, aspek kesehatan, pendidikan dan lain-lain. Karenanya, yang kita lakukan adalah cara modern, yang kuno itu sekadar dipindah. Itu cara kuno," kata Anies saat debat, seperti diberitakan oleh Kompas TV.

Menurutnya, cara modern yang akan ia lakukan adalah urban renewal atau peremajaan kota, baik itu ditata maupun diperbaiki. (Alf)

tag: #mtaufik   #pemprov-dki   #anies-baswedan   #partai-gerindra  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement